Advertisement

Main Ad

Penggunan Kahoot di kegiatan Pramuka

Salam Pramuka!
Kakak-kakak pembaca, Sebelum membahas kegiatan kami berikut kami sampaikan penjelasan mengenai Kahoot!

Kahoot! adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Ini adalah permainan pembelajaran, "Kahoots", adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.
Pramuka WJS bermain Kahoot!


Kahoot! bisa digunakan untuk meninjau pengetahuan peserta didik, sebagai penilaian formatif, atau sebagai pengistirahatan dari kegiatan kelas biasa. Kahoot! juga termasuk kuis trivia.

Kahoot! didirikan pada 2012 oleh Johan Brand, Jamie Brooker dan Morten Versvik dalam proyek bersama dengan Norwegian University of Science and Technology. Mereka bekerja sama dengan Professor Alf Inge Wang dan kemudian bergabung dengan pengusaha Norwegia ├ůsmund Furuseth. Kahoot! diluncurkan dalam beta privasi di SXSWedu pada Maret 2013 dan beta dirilis ke publik pada September 2013.

Kahoot! dirancang untuk pembelajaran sosial, dengan peserta didik berkumpul di sekitar layar umum seperti papan tulis interaktif, proyektor, atau monitor komputer. Situs ini juga dapat digunakan melalui perangkat berbagi layar seperti Skype atau Google Hangouts. Desain permainan sedemikian rupa sehingga para pemain diharuskan untuk sering melihat dari perangkat mereka. Cara bermainnya sederhana; semua pemain terhubung menggunakan PIN permainan yang dihasilkan yang ditampilkan di layar umum, dan menggunakan perangkat untuk menjawab pertanyaan yang dibuat oleh guru, pemimpin bisnis, atau orang lain. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat diubah menjadi poin penghargaan. Pembuat dapat memilih, apakah pemain bisa mendapatkan 0 poin, hingga 1000 atau 2000. Poin yang didapat pemain dihitung hingga berapa banyak yang bisa didapat pemain dan berapa lama yang dibutuhkan pemain untuk menjawab. Semakin cepat pemain menjawab, semakin banyak poin yang mereka dapatkan jika pemain menjawab dengan benar. Poin kemudian muncul di papan peringkat setelah menyelesaikan setiap pertanyaan. Pemain juga bisa mendapatkan streak, yang berarti mereka menjawab lebih banyak pertanyaan secara berurutan. Semakin baik streak mereka, semakin banyak poin yang mereka dapatkan ketika menjawab pertanyaan dengan benar.

Kahoot! kini telah mengimplementasikan 'Jumble'. Pertanyaan jumble menantang pemain untuk menempatkan jawaban dalam urutan yang benar daripada memilih satu jawaban yang benar. Ini menawarkan pengalaman baru yang mendorong lebih banyak fokus dari pemain.

Kahoot! dapat dimainkan melalui penjelajah web dan perangkat seluler yang berbeda melalui antarmuka webnya.

Pada bulan Maret 2017, Kahoot! mencapai satu miliar pemain yang berpartisipasi secara kumulatif dan pada bulan Mei, perusahaan tersebut dilaporkan memiliki 50 juta pengguna unik aktif bulanan. Pada bulan September 2017, Kahoot! meluncurkan aplikasi seluler untuk pekerjaan rumah.

Pada 2020, pembuat Kahoot sekarang dapat menggunakan berbagai jenis pertanyaan. Kuis adalah jenis pertanyaan dasar. Ini membutuhkan pertanyaan dan setidaknya 2 opsi, salah satunya harus ditandai sebagai jawaban yang benar. Premium menambahkan kemungkinan untuk memilih antara "single select" atau "multi select". Single select berarti bahwa pemain hanya dapat memilih satu opsi dan multi select berarti bahwa pengguna dapat memilih beberapa dari empat opsi yang disajikan. Varian benar atau salah juga tersedia dengan perbedaan utamanya hanya dua opsi (benar atau salah) yang tetap dan tidak dapat diubah. Kedua jenis ini tidak memerlukan peningkatan akun apa pun. Jenis pertanyaan berikutnya adalah open-ended, artinya para pemain harus mengetikkan jawaban yang benar untuk mendapatkan poin. Pembuat harus memilih jawaban yang diterima, namun ia juga dapat mengatur beberapa jawaban yang diterima. Jenis pertanyaan terakhir adalah puzzle, yang mengharuskan pemain untuk menyelaraskan empat opsi secara berurutan, yang ditetapkan pembuatnya sebagai benar. Misalnya: urutkan negara dengan populasi dari yang paling sedikit penduduknya hingga yang paling padat penduduknya.

Di akhir permainan, ada animasi dari 3 pemain terbaik yang tampil di podium pemenang. Para pemain dapat menilai Kahoot berdasarkan pengalaman mereka.

Nah, kami menggunakan Kahoot saat kegiatan Persami untuk mengetes kemampuan pengetahuan peserta didik. dan berikut keseruannya : 





Bagaimana cara menggunakan Kahoot nantikan tutorialnya di Youtube Channel kami ya! terimakasih dan Salam Pramuka!




Posting Komentar

0 Komentar