Advertisement

Main Ad

Lomba Tingkat I tahun 2018

Salam Pramuka!

winayajayasakti.org - Lomba Tingkat adalah Pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan. Kegiatan yang berbentuk perlombaan itu dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang.

KONSEP DASAR LT
Tujuan LT adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan para Pramuka Penggalang. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar setelah mengikuti LT para Pramuka Penggalang :

  1. Mengikuti batas tingkatan prestasinya yang wajib dicapai sesuai dengan tingkatannya;
  2. Meningkatakan kemampuan mental, fisik dan pengetahuannya, serta semangatnya untuk maju terus pantang putus asa;
  3. Memperoleh tambahan pengalaman, ketrampilan dan sahabat serta kesan yang baik dan memuaskan;
  4. Meningkatkan disiplin pribadinya, rasa tanggung jawabnya, dan kesetiannya terhadap regunya, pasukannya, gugusdepannya, dan organisasi Gerakan Pramuka pada umumnya;
  5. Lebih memahami dan menghayati semangat kepramukaan beserta satya dan darmannya, sistem beregu, kerukunan, kekompakan, kegotong-royongan, dan kesetiakawanan.

LT ditingkat pasukan atau gugusdepan disebut Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Satu, disingkat LT-I, diadakan sedikitnya sekali dalam waktu 4 bulan. LT-I diselenggarakan oleh Pembina Gugusdepan dalam hal ini Pembina dan Pembantu Pembina Pasukan Penggalang. LT-I direncanakan dalam bentuk proyek oleh Pembina Pasukan Penggalang, para Pembantu Pembina Pasukan Penggalang, Pemimpin Regu Utama dengan memperhatikan saran-saran Dewan Pasukan Penggalang. 

LT dilaksanakan secara sendiri-sendiri antara LT untuk Pramuka Penggalang Puteri dan LT untuk Pramuka Penggalang Putera. Bila dipandang perlu maka LT untuk peserta puteri dan untuk peserta putera dapat dilaksanakan pada waktu dan tempat yang sama, tetapi terpisah. LT dilaksanakan dalam bentuk perkemahan. Bila pelaksanaan LT untuk Pramuka Penggalang Puteri dan untuk Pramuka Penggalang Putera diadakan bersama-sama, maka perkemahan putera dan puteri terpisah, yang masing-masing dipimpin dan dibawah tanggungjawab Pembina yang besangkutan.

Lamanya pelaksanaan LT disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat tetapi tidak kurang dari 3 hari dan tidak lebih dari 5 hari, serta diusahakan bertepatan dengan liburan sekolah. Khusus LT-I antara 1 sampai 5 hari. Perkembangan LT dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan prinsip-prinsip perkemahan Pramuka;

Dalam melaksanakan LT perlu dihindari hal-hal yang menimbulkan gangguan terhadap kerukunan, persaudaraan, kejujuran, kesehatan, ketentraman, dan keamanan, harata benda serta lingkungan alam. LT dilaksanakan secara efisien dan efektif baik dalam proses pelaksanaan kegiatan maupun dalam penggunaan dana, tenaga manusia, bahan, peralatan dan metode. LT dilaksanakan dalam suasana riang dan gembira, persaudaraan, gotong-royong dan saling membantu, serta memberi kesan yang baik kepada para peserta, para pelaksana, para orang tua dan masyarakat

LT I WJS 2018
LT I di Gugus Depan 25051.052 pangkalan SMPN 1 Karangtanjung pada tahun 2018 ini akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 28-29 April 2018. 

Syarat Peserta LT I Winaya Jaya Sakti 2018 :
  • Regu Putra dan Putri terpisah
  • Tiap regu beranggotakan 6-9 Orang (boleh beda kelas) 
  • Biaya Pendaftaran per orang Rp. 10.000,- untuk Tiska & Sertifikat
  • Pendaftaran regu langsung didaftarkan ke Ruang Pramuka SMPN 1 Karangtanjung
Materi Lomba :
  • Semaphore - Morse
  • Cerdas Cermat
  • Senam Pramuka
  • Pentas Seni
  • Games Kekompakkan
  • Sandi-sandi
  • Yel-yel
  • Pioneering
  • MTQ
CP Kegiatan : 
Kak Imey  : 083841534128
Kak Dennis : 082114661554

Posting Komentar

0 Komentar